Pusat Penilaian Pendidikan (Puspendik) merupakan salah satu unit kerja pada Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.Berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 1 tahun 2012, Puspendik mempunyai tugas melaksanakan penyusunan kebijakan teknis, penelitian, dan pengembangan sistem dan metodologi penilaian pendidikan.

Sesuai dengan fungsinya, Puspendik tidak hanya menyusun kebijakan teknis pengembangan sistem dan metodologi penilaian pendidikan, tetapi juga melaksanakan pengukuran akademik, non-akademik, dan seleksi; mengembangkan sistem dan pengelolaan informasi hasil penilaian pendidikan; dan melaksanakan hasil analisis hasil penilaian pendidikan, mengoordinasi, memfasilitasi dan mengevaluasi pelaksanaan penilaian pendidikan.

Untuk melaksanakan fungsinya, Puspendik yang dipimpin oleh seorang kepala pusat, mempunyai tiga bidang dan satu bagian (Permendikbud No.1 tahun 2012), yaitu:
1. Bidang Penilaian Akademik memiliki tugas melaksanakan penyusunan bahan kebijakan teknis, pengembangan sistem, dan pengukuran akademik serta koordinasi, fasilitasi, evaluasi dan laporan pengukuran akademik pada semua jenis, jenjang, dan jalur pendidikan.
2. Bidang Penilaian Non-Akademik mempunyai tugas melaksanakan penyusunan bahan kebijakan teknis, pengembangan sistem, dan pengukuruan non-akademik untuk kepentingan diagnostik, seleksi, dan penempatan serta koordinasi, fasilitasi, evaluasi, dan laporan pelaksanaan pengukuran non-akademik pada semua jenis, jenjang, dan jalur pendidikan.
3. Bidang Analisis dan Sistem Penilaian mempunyai tugas melaksanakan analisis, pengembangan sistem, pengelolaan, dan penyebarluasan informasi hasil penilaian pendidikan pada semua jenis, jenjang, dan jalur pendidikan.
4. Bagian Tata Usaha mempunyai tugas melakukan urusan perencanaan, keuangan, kepegawaian, ketatalaksanaan, kerumahtanggan, persuratan dan kearsipan, serta pengelolaan barang milik negara di lingkungan Pusat.