[PENGUMUMAN] Call for Papers - JEVAS

Ditulis oleh Admin pada 10 Dec 2017

JEVAS, akronim dari Jurnal Evaluasi dan Asesmen Pendidikan merupakan jurnal di bidang Ilmiah yang dikelola oleh Pusat Penilaian Pendidikan (PUSPENDIK), Badan Penelitian dan Pengembangan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, untuk menerbitkan hasil karya penelitian (original research), karya pengembangan, tinjauan kembali (review), dan ulasan topik khusus dalam bidang Evaluasi dan Asesmen Pendidikan. Kesempatan menulis terbuka untuk umum meliputi para peneliti dan perekayasa lembaga riset, pengajar perguruan tinggi maupun pekarya-tesis sarjana semua strata. Karya tulis harus ditulis sesuai pedoman penulisan sebagai berikut.  
Redaksi menerima naskah berupa hasil penelitian, opini, wawasan, pandangan, kajian pustaka, berita, dan resensi buku dari peneliti, praktisi dan pemerhati di bidang evaluasi dan asesmen pendidikan.
Naskah dalam bentuk hardcopy di kirim ke redaksi dan naskah softcopy dikirim melalui e-mail: jurnalvalue@gmail.com dan disertai dengan biodata lengkap penulis.
1. Ketentuan penulisan secara umum.
2. Naskah ditulis dalam bentuk esai dan belum pernah diterbitkan di media lain.
3. Naskah diketik dengan memperhatikan aturan penggunaan tanda baca dan ejaan, yang dimuat dalam pedoman ejaan bahasa Indonesia yang disempurnakan (EYD).
4. Naskah diketik dengan format MS-Word, Font Calibri ukuran 11, spasi 1 jumlah halaman minimum 7 dan maksimum 20, ukuran kertas A4.
Artikel hasil penelitian memuat judul, nama penulis, abstrak, kata kunci, dan isi. Isi artikel mempunyai struktur dan sistematika serta persentase jumlah halaman sebagai berikut:
1. Penulis harus mencantumkan nama, instansi, dan email di bawah judul artikel.
2. Artikel dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris harus menuliskan abstrak dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris.
3. Pendahuluan meliputi latar belakang, perumusan masalah, dan tujuan penelitian (10%).
4. Kajian Literatur mencakup kajian teori dan hasil penelitian terdahulu yang relevan (15%).
5. Metode Penelitian yang berisi rancangan/model, sampel dan data, tempat dan waktu, teknik pengumpulan data, dan teknik analisis data (10%).
6. Hasil dan Bahasan (50%).
7. Simpulan dan Saran (15%)
8. Daftar Pustaka.
(Sistematika/struktur ini hanya sebagai pedoman umum, penulis dapat mengembangkannya sendiri asalkan sepadan dengan pedoman ini).
Artikel pemikiran dan atau reviu teori memuat judul, nama penulis, abstrak, kata kunci, dan isi. Isi artikel mempunyai struktur dan  sistematika serta persentasinya dari jumlah halaman sebagai berikut:
1. Pendahuluan meliputi latar belakang, perumusan masalah dan tujuan penulisan (10%).
2. Kajian Literatur mencakup kajian teori dan hasil penelitian terdahulu yang relevan (75%).
3. Simpulan dan Saran (20%)
4. Daftar Pustaka
        (Sistematika/struktur ini hanya sebagai pedoman umum, penulis dapat mengembangkannya sendiri asalkan sepadan dengan pedoman ini).
Artikel resensi buku selain menginformasikan bagian-bagian penting dan buku yang diresensi juga menunjukkan bahasan secara mendalam kelebihan dan kelemahan buku tersebut serta membandingkan teori/konsep yang ada dalam buku tersebut dengan teori/konsep dari sumber- sumber lain.
Daftar Pustaka disajikan mengikuti tata cara seperti contoh berikut dan diurutkan secara alfabetis dan kronologis.
Aiken, Lewis R. (1994). Psychological Testing and Assessment, (Eighth Edition). Boston: Allyn and Bacon.
Harding, J and Meldon-Smith, L. (2000). How to make observations & assessments (second edition). London: Hodder & Stoughton.
 
Kirimkan karya tulis ilmiah Anda melalui pos-el ke redaksipuspendik@kemdikbud.go.id